Perencanan program kehumasan

  1. Identifikasi perencanaan program kerja humas.

Humas(publik relations)adalah salah satu fungsi dari manajemen yang membentuk dan juga mengelola hubungan yang terjadi antara perusahaan dengan khalayak atau masyarakat. Humas menjadi salah satu bidang yang bersifat dinamis dalam kehidupan berorganisasi. Dikarenakan pelaku humas membutuhkan suatu ketrampilan dan juga kapabilitas yang bermacam macam untuk keberhasilan para pekerja,yaitu untuk membangun dan juga memelihara hubungan dalam perusahaan baik secara individu ataupun kelompok yang masuk dalam hubungan bersama dengan pihak lain. Tujuan dari proses program kerja untuk mengelola berbagai aktivitas humas tersebut dapat diwujudkan jika terorganisasi dengan baik melalui manajemen humas yang dikelola secara profesional dan dapat dipertanggung jawabkan hasil dan sasarannya. Maka seorang humas memperhitungkan hal hal berikut:

a.sumber komunikasi

Aktor humas harus mengindentifikasi siapa kiranya orang yang paling tepat untuk melaksanakan kegiatan komunikasi tersebut, berkaitan dengan kejujuran,kompetensi,dan kecakapannya,serta profesionalitasnya.

b.pesan komunikasi

Pesan yang akan disampaikan telah sesuai bahasa komunikan,adat,dan sistem kepercayaan yang dianutnya,mata pencaharian dan tingkat pendidikan.

c.media komunikasi

Seorang aktor sangat perlu untuk memahami sedikit banyak kelemahan dan keunggulan dari masing-masing media yang digunakan.

d. sasaran komunikasi

Sasaran tersebut adalah orang yang berada didalam organisasi,seperti karyawan,atau berada diluar seperti masyarakat luas.

e. Biaya komunikasi

Pembiayaan juga tidak kalah pentingnya untuk dipikirkan sejak awal dari perencanaan program. Alasan penting anggaran dalam humas adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui apa saja yang memerlukan biaya dalam kegiatan humas.
  2. Mengetahui kompensasi apa saja yang diperlukan dalam program humas
  3. Memiliki relevansi antara suatu kegiatan dengan perkiraan biaya
  4. Anggaran membentuk suatu disiplin bagi pengeluaran
  5. Guna kepentingan evaluasi hasil,apakah capaian yang hasilkan sebanding dengan besaran anggaran yang direncanakan.

2. Prosedur kerja kehumasan

Prosedur kehumasan dapat dilaksanakan dengan penelitian yang mengevaluasi sikap atau pendapat publik dan juga kecenderungan sosiental, serta mengomunikasinya pada manajemen dan pimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Bagian kehumasan yang memiliki tanggung jawab pada proses ini selanjutnya akan melaksanakan program yang telah direncanakan yang terdiri dari tindakan kegiatan dan komunikasi terhadap publik dengan tujuan agar menghasilkan suatu pengertian,itikad baik dan juga penerimaan.Beberapa tahapan kinerja bagian kehumasan sebagai berikut:

  1. Fact fiding(pencaharian data)

Analisis mengenai data dan informasi yang temah tersedia baik dalam jurnal,buku,majalah,atau berbagai sumber data atau informasi lainnya. Fact fiding adalah suatu langkah pertama yang begitu penting bagi suksesnya program humas yang bertujuan untuk mendukung program humas.

2. Planning decission(penyusunan rancangan)

Planning decission adalah suatu perencanaan dalam memberikan sesuatu keputusan. Memberikan suatu opini,sikap,reaksi,dan ide yang kita miliki dengan berbagai bentuk kebijaksanaan yang erat hubungannya dengan tahap kedua ini.

3.communication(komunikasi)

Adalah tahapan yang dilakukan dengan tujuan agar dalam pelaksanaannya diperoleh suatu hasil yang diharapkan sehingga prinsip-prinsip dalam komunikasi sangat perlu diperhatikan. Faktor tersebut pada dasarnya perlub diperhatikan dan diperhitungan dengan sungguh-sungguh dengan tujuan agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dan berhasil sesuai harapan.

4. Evaluation(evaluasi)

Kegiatan humas harus dievaluasi dengan tujuan agar berbagai bentuk permasalahan dan juga hambatan yang ada dapat dipecahkan. Prektisi humas wajib memiliki ketrampilan dalam menelaah hasil-has yang diperoleh dengan menggunakan berbagai bentuk alat bantu contohnya riset mengenai perilaku,riset tentang pendapat umum, analisis ini,motivasi,dan lain-lain.

B. Penyusunan Rencana Program Humas

Program tersebut harus berhubungan dengan tujuan organisasi,maka seorang praktisi PR harus memahami apa yang sedang dilakukan manajemen,bahwa mereka adalah bagian dari tim manajemen. Kegiatan kerja humas adalah melakukan suatu komunikasi atau interaksi baik yang dilakukan dengan verbal atau pun nonverbal. Nonverbal yang dapat dilakukan oleh humas seperti menulis artikel,proposal,menulis untuk presentasi,progress report,menulis untuk pers,membuat suatu rekomendasi, dan lain-lain. Kegiatan komunikasi verbal dapat dilakukan dengan cara melakukan guest guide/open house,jumpa pers,announcer,desk informations,presenter,dan sebagainya. Publik relations sebagaj sebuah fungsi manajemen yang menbentuk dan mengelola hubungan saling menguntungkan antara organisasi dan masyarakat.

  1. Dasar kinerja kehumasan

Program kerja identik dengan rencana kegiatan dan suatu organisasi yang terarah terpadu dan tersistematis yang dibuat untuk rentang waktu yang tah ditentukan oleh suatu organisasi. Program kerja juga digunakan sebagai sarana untuk mewujudkan cita-cita organisasi. Terdapat lima dasar kinerja kehumasan yang dilaksanakan yaitu sebagai berikut:

1.customer relations

Melakukan hubungan baik dengan pihak luar,dalam hal ini humas perusahan harus menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan khalayak(masyarakat) dan juga menjaga hubungan baik dengan konsumen.

2. Employee relations

Suatu cara untuk membangun hubungan yang terjadi antara pimpinan dengan melalui kerja sama dan juga komunikasi yang baik antara atasan dengan bawahan dan juga sebaliknya.

3. Community relations

Membangun hubungan baik dengan pihak yang selama ini sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan dari humas, menjaga hubungan baik dengan masyarakat yang berada disekitar perusahaan dan juga komunitas masyarakat tertentu.

4. Government relations

Melakukan hubungan yang baik antara perusahaan dengan pemerintah.

5. Media relations

Humas melakukan hubungan baik dengan media. Hal tersebut dikarenakan kerja dari humas baik perusahaan atau organisasi tidak mampu berhasil tanpa adanya bantuan dan kerja sama yang baik dengan media,sehingga hubungan dengan media harus dijaga dengan baik hal tersebut agar tidak ada satupun baik dari perusahaan dan media ada yang merasa dirugikan.

2. Tujuan proses perencanaan program kerja kehumasan

Untuk mengelola berbagai aktivitas manajemen humas tersebut yang diwujudkan jika terorganisasi dengan baik melalui manajemen humas yang dikelola secara profesional dan dapat dipertanggung jawabkan hasil dan sasarannya. Pengertian dari perencanaan humas yaitu terdiri atas semua bentuk kegiatan perencanaan,wujud rencana kerja,dan alasan dilakukannya perencanaan kerja humas. Langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut:

a.menentukan kebutuhan,kemudian memprioritaskan satu atau beberapa yang menjadi tujuan perencanaan.

b. Melakukan ramalan dan menentukan program serta alternatif-alternatif pemecahan.

c. Menspesifikasi program.

d. Memilih alternatif pemecahan.

3. Menyusun Rencana Program Kerja Humas

Yang harus dilakukan oleh humas adalah menyusun rencana program kerja. Sementara program kerja humas dapat disusun dalam dua kategori sebagai berikut:

a. Program kerja rutin

Adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan kronologis, adapun beberapa program kerja yang tergolong dalam kegiatan rutin adalah sebagai berikut:

  1. Menerbitkan pers release setiap kegiatan dilembaga pendidikannya.
  2. Menerbitkan media cetak internal,dapat berbentuk bulletin/warta.
  3. Memasukan berita tentang kegiatan di lingkungan lembaganya ke web tertentu.
  4. Mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang layak dipublikasikan dilingkungan lembaga pendidikan.
  5. Msngumpulkan, mengelola informasi tentang kegiatan dan kebijakan pendidikannya kepada media masa cetak maupun elektronik.

b. Program kerja insidentil

Adalah kegiatan yang dilaksanakan pada periode tertentu. Kerja ini pada prinsipnya membantu pelaksanaan semua program kerja yang dilaksanakan kantor pusat dalam bidang komunikasi dan publikasi untuk semua warga pendidikan tersebut maupun masyarakat luas. Disamping memiliki kebebasan untuk mengembangkan ragam kegiatan, namun juga harus menitik beratkan pada tiga aspek kehumasan sebagai berikut:

  1. Program pelayanan
  2. Program mediator
  3. Program dokumenter

Tiga aspek kehumasan ini harus dilakukan secara total jika pekerjaan humas akan dapat berjalan secara optimal,efektif,dan berkelanjutan.

4. Pelaksanaan Rencana Program Kehumasan

Pada dasarnya dalam pelaksanaan dari program kehumasan,sudah seharusnya mangacu pada tempat prosedur kerja yang telah kita pelajari diatas. Dalam hal ini peran bidang kehumasan dalam menangani kasus tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Fact fiding(pencarian data atau informasi)

Melakukan pencarian data atau informasi yang benar-benar akurat tentang produk dari perusahaan dengan bahan yang digunakan untuk proses pembuatan popok bayi tersebut dan juga melihat kelapangan atau ke masyarakatkan yang telah menggunakan produk tersebut jika keadaan mengacu pada hal ya g mengkhawatirkan perusahaan.

b. Planning(penyusunan rancangan)

Pembuatan popok adalah bahan yang alami dan dalam penyajian iklan harus menarik dengan memperhatikan komposisi dari warna dan ikon artis yang menjadi talent dari iklan produk tersebut.

c. Communication(melakukan komunikasi)

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar setiap kegiatan yang dilakukan mampu dipublikasikan oleh media sehingga image dan citra dari perusahaan membaik.

e. Evaluating(melakukan suatu evaluasi)

Tahapan ini humas melakukan suatu evaluasi terhadap seluruh kegiatan apakah kegiatan yang sudah dilakukan sesuai dengan rencana dan juga mampu memenuhi targer yang telah diinginkan.

5. Berbagai Larangan dalam Bidang Kehumasan

  1. Melakukan penyalahgunaan kepercayaan
  2. Memberikan informasi yang tidak sesuai fakta
  3. Mengadakan suatu bentuk kerja sama baik individu ataupun kelompok yang dapat merugikan individu lainnya.
  4. Menerapkan cara,metode,maupun teknik manipulasi yang dapat berdampak pada seorang akan kehilangan kebebasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: